HTML

Pengertian HTML

Posted by Karnadi on Minggu , 8 Desember 2019 03:22:45

HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman website.HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang kalau kita terjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi "bahasa markup hypertext"Hypertext sendiri mengacu pada hyperlink yang sering kali selalu ada dalam sebuah halaman website. Markup Language atau Bahasa Markup mengacu pada cara tag-tag html menentukan layout sebuah halaman web dan elemen yg terkandung di dalamnya

sebagai contoh,silahkan buka notepad dan isi dengan kode di bawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Page Title</title>
</head>
<body>
<p>Ini contoh Paragraf dalam HTML.</p>
</body>
</html>

kemudian tutup notepad dengan tidak lupa menyimpan dan beri nama file tersebut index.html.sekarang anda sudah mempunyai sebuah file hmtl.inilah hasil yg mucuil ketika file tersebut di buka atau di jalankan menggunakan browser.

yang terlihat di browser berdasarkan contoh

Baris pertama menentukan jenis konten apa yang terkandung dalam dokumen.
"<!doctype html>" menpunya arti bahwa halaman website ditulis mengunakan tag standar HTML5.
sebuah file yg berformat HTML harus menyertakan tag,,didalamnya,seperti contoh yg diatas.
Judul halaman, metadata, dan tautan (link) ke file yang direferensikan ditempatkan di antara tag.
Konten atau isi dari halaman website tersebut berada di antara tag.

Web telah mengalami banyak perubahan selama beberapa dekade terakhir, tetapi HTML selalu menjadi bahasa dasar yang digunakan untuk mengembangkan halaman web. Menariknya, sementara situs web menjadi lebih maju dan interaktif, HTML sebenarnya menjadi lebih sederhana. Jika Anda membandingkan sumber halaman HTML5 dengan halaman serupa yang ditulis dalam HTML 4.01 atau XHTML 1.0, halaman HTML5 mungkin akan mengandung lebih sedikit kode. Ini karena HTML modern bergantung pada style sheet berjenjang atau JavaScript untuk memformat hampir semua elemen dalam halaman.

CATATAN: Banyak situs web dinamis menghasilkan halaman web saat itu juga, menggunakan bahasa skrip sisi-server seperti PHP atau ASP. Namun, bahkan halaman dinamis harus diformat menggunakan HTML. Karena itu, bahasa scripting sering menghasilkan HTML yang dikirim ke browser web Anda.

KOMENTAR

  Daily Popular
  Monthly Popular